Berita dari Kopertis7

Spirit Memakmurkan Negeri

Oleh Firman Hidayat – 19 June 2013 | 0 View

Jakarta , 19 Juni 2013—Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Bank Mandiri kembali menggelar National Lecturer Series 2013 dengan tema Spirit Memakmurkan Negeri. Kegiatan ini bertempat di Auditorium Plaza Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Sudirman,Jakarta.

Hadir sebagai pembicara pada National Lecture Series ini Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, di dampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin. Lecture Series ini dihadiri dan disaksikan  1.950 mahasiswa dan dosen dari 28 perguruan tinggi di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia dengan memanfaatkan perangkat video streaming Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Agenda National Lecture Series merupakan salah satu program Bina Lingkungan Bank Mandiri. Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin mengatakan, sejak diperkenalkan, keberadaan Modul Kewirausahaan Mandiri memperoleh tanggapan positif yang terlihat dari antusiasme Perguruan Tinggi yang menggunakan Modul Kewirausahaan. Sampai dengan saat ini, tercatat lebih dari 400 Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah menggunakan Modul yang disusun Bank Mandiri bersama enam perguruan tinggi negeri (UI, ITB, ITS, UGM, Unpad dan IPB) tersebut sebagai salah satu materi referensi mata kuliah kewirausahaan.

Wamendikbud dalam sambutannya menyatakan bahwa Kemdikbud melalui Ditjen Pendidikan Tinggi telah mulai mengembangkan program kewirausahaan bagi mahasiswa sejak tahun 2008. Program ini mendapatkan perhatian dan minat yang cukup tinggi di kalangan mahasiswa. Pada Lecture Series ini, Wamendikbud mendorong agar lebih banyak lagi mahasiswa yang bercita-cita menjadi pengusaha.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam kuliah umumnya mengatakan sektor kewirausahaan berperan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional. Menurut Gita, dalam konteks tersebut, generasi muda memegang peran strategis serta dituntut untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan sektor kewirausahaan.

Pada kesempatan ini, Gita berbagi pengalaman hidup dan kiat-kiat tertentu yang harus dimiliki generasi muda sebagai wirausahawan. Gita bercerita pengalamannya ketika kuliah di Amerika Serikat, Gita harus bekerja untuk menutupi kekurangan biaya yang diberikan orang tua dan beasiswa “Saya mulai dari apapun di bawah langit saya kerjakan, membersihkan tinja, mencucui piring, main piano di night club,” kata Gita.

Sebagai pengusaha, Gita menyatakan bahwa “Menjadi wirausaha itu butuh kegigihan dan keberanian untuk mengambil risiko karena high risk high return,” kata Gita.

Gita menambahkan bahwa seorang wirausaha harus selalu berfikir secara lebih besar dan lebih luas untuk dapat mememangkan persaingan dengan pasar global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s